Customs Trade Partnership Against Terrorism (CTPAT)

Customs Trade Partnership Against Terrorism (CTPAT) adalah sebuah program yang dibuat oleh Customs and Border Protection (CBP) yang bekerja sama dengan komunitas perdagangan untuk memperkuat rantai pasokan internasional dan memperbaiki keamanan perbatasan Amerika Serikat. CTPAT dimulai pada bulan November 2001 dan terus dikembangkan hingga sekarang, merupakan program kemitraan yang bersifat sukarela di sektor publik-swasta yang diakui bahwa CBP dapat memberikan tingkat keamanan kargo melalui kerja sama yang kuat dengan pemangku kepentingan rantai pasokan internasional seperti importir, operator, konsolidator, brokers, dan manufaktur. CTPAT memberikan kerangka kerja hukum dan menerapkan persyaratan pengawasan program yang ketat sejak. Saat ini, lebih dari 11.400 mitra sertifikasi dari komunitas perdagangan telah diterima dalam program CTPAT.

Bagaimana Cara Kerja CTPAT?

Ketika sebuah entitas bergabung dengan CTPAT maka kesepakatan kerjasama dibuat dengan CBP untuk melindungi rantai pasokan, mengidentifikasi celah keamanan, dan menerapkan langkah-langkah keamanan dan praktik terbaik tertentu. Pengaju harus menangani berbagai topik keamanan dan menghadirkan profil keamanan yang mencantumkan rencana tindakan untuk menyelaraskan keamanan di seluruh rantai pasokan. Anggota CTPAT akan dianggap berisiko rendah, oleh karena itu kemungkinan besar tidak akan diperiksa di pelabuhan masuk A.S.

Manfaat Sertifikasi CTPAT

Mitra CTPAT mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk ikut serta dan aktif dalam bekerja lebih dekat dengan Pemerintah A.S. dalam melawan terorisme. Karena Mitra dapat mengidentifikasi kerentanan keamanan mereka dengan lebih baik dan mengambil tindakan korektif untuk mengurangi risiko. Beberapa manfaat dari program ini meliputi:

  • Mengurangi jumlah pemeriksaan yang dilakukan oleh CBP
  • Kemungkinan besar lolos dari pemeriksaan bertingkat.
  • Mengurangi waktu tunggu di perbatasan.
  • Penugasan Spesialis Keamanan Rantai Pasokan ke perusahaan.
  • Mendapatkan akses ke Free and Secure Trade (FAST) dan di perbatasan.
  • Mendapatkan akses CTPAT web-based Portal system and a library of training materials.
  • Diakui sebagai mitra dagang terpercaya oleh Bea Cukai Asing yang telah menandatangani Mutual Recognition dengan Pemerintah Amerika Serikat.
  • Kelayakan dengan program Pemerintah Amerika Serikat.
  • Diberikan prioritas bila terjadi bencana alam atau serangan teroris.
  • Diberikan prioritas di CBP’s industry-focused Centers of Excellence and Expertise.
  • Dapat berpartisipasi dalam Importir Self-Assessment Program (ISA).

Cara Mendapatkan Sertifikat CTPAT

Langkah pertama adalah agar perusahaan meninjau Kriteria Keamanan Minimum CTPAT untuk entitas bisnisnya dan menentukan kelayakan program.

Langkah kedua adalah agar perusahaan mengajukan aplikasi dasar melalui sistem Portal CTPAT dan setuju untuk berpartisipasi secara sukarela.

Langkah ketiga adalah agar perusahaan bisa melengkapi profil Security Supply Chain. Profil keamanan menjelaskan bagaimana perusahaan memenuhi kriteria keamanan minimum CTPAT. Untuk melakukan ini, perusahaan seharusnya sudah melakukan penilaian risiko. Setelah menyelesaikan profil keamanan aplikasi dan rantai pasokan yang memuaskan, perusahaan akan dikunjungi oleh Spesialis Security Supply Chain untuk meninjau materi yang dikirimkan dan memberikan panduan program secara terus-menerus. Program CTPAT akan memiliki waktu hingga 90 hari untuk mengesahkan perusahaan ke dalam program atau menolak aplikasi. Jika disertifikasi, perusahaan akan divalidasi dalam waktu satu tahun.

Perusahaan bisa menghubungi Konsultan CTPAT untuk informasi lebih lengkap.

Sysindo Konsultan

Hubungi Kami

021 2988 8461

Klik no telepon kantor kami

0853 2029 8403

Atau klik no HP diatas

Chat kami melalui Whatsapp
atau
Klik dibawah ini untuk mendapatkan penawaran harga dari kami

PT. Sinergy Sukses Solusindo
  • DBS Bank Tower 28th Floor, Ciputra World One Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5 Jakarta Selatan
  • 021 2988 8461
  • 0853 2029 8403
  • info[at]sysindokonsultan.com