Contractor Safety Management System (CSMS)

Contractor Safety Management System (CSMS) adalah kumpulan proses manajemen terintegrasi yang digunakan untuk mengendalikan resiko yang terkait dengan manajemen kontraktor secara real-time dan berkelanjutan. Sistem ini adalah suatu bentuk pengendalian resiko dan biasanya disediakan secara keseluruhan atau sebagian oleh perusahaan manajemen kontraktor pihak ketiga eksternal.

Kontraktor mungkin melibatkan perusahaan yang bertindak sebagai konsultan penasehat untuk menyampaikan rencana keselamatan spesifik lokasi yang akan dikelola oleh pemberi kerja secara internal. Sebagai alternatif, perusahaan konsultan dapat menyediakan infrastruktur dan administrasi berkelanjutan dari Contractor Safety Management System selama kontrak mereka dengan pemberi kerja.

Contractor Safety Management System (CSMS) adalah sistem holistik yang mengelola semua bentuk resiko keselamatan yang terkait dengan pekerjaan kontraktor. Pengoperasian yang efektif bergantung pada kepatuhan dengan berbagai standar keselamatan konsensus, terutama standar manajemen keselamatan seperti SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Pemerintah Indonesia telah mengidentifikasi penggunaan sistem prakualifikasi kontraktor eksternal, seperti Contractor Safety Management System, sebagai praktik terbaik untuk mengelola resiko keselamatan yang terkait dengan penggunaan kontraktor pada situs kerja.

Proses Contractor Safety Management System

Contractor Safety Management System bekerja untuk mengurangi resiko keselamatan dan untuk mengurangi tanggung jawab umum dan biaya potensial lainnya yang terkait dengan penggunaan pekerja kontrak. Kriteria umum yang dibahas dalam ruang lingkup sistem meliputi:

  • Pemilihan kontraktor
  • Kualifikasi
  • Perjanjian kinerja
  • Latihan
  • Manajemen sehari-hari
  • Evaluasi pasca kontrak
  • Perbaikan terus-menerus

Aspek umum dari banyak sistem ini adalah pembagian kontraktor menjadi salah satu dari tiga kategori resiko, mulai dari resiko rendah hingga resiko tinggi.

Software Contractor Safety Management System

Contractor Safety Management System sering kali dibuat berdasarkan solusi manajemen software khusus. Software ini mengharuskan kontraktor individu untuk mendaftarkan semua karyawan mereka ke dalam sistem dan untuk memastikan bahwa karyawan tersebut memiliki prakualifikasi (misalnya, kompetensi, lisensi, dll) yang diperlukan untuk bekerja di lokasi kerja.

Setiap karyawan kemudian diharuskan menjalani program induksi yang mungkin melibatkan, misalnya, menyelesaikan latihan orientasi dan penilaian untuk memverifikasi pemahaman mereka tentang kebijakan dan harapan keselamatan tempat kerja.

Setelah kontraktor berhasil diakreditasi dan bekerja, pemberi kerja dapat menggunakan sistem untuk melakukan audit dan inspeksi keselamatan, dan untuk mengelola dan meninjau kinerja kontraktor yang sedang berlangsung.

Sysindo Konsultan

Jasa Konsultan ISO | Jasa Sertifikasi ISO

021-2988-8461

Klik no telepon kantor kami

Jasa Konsultan Manajemen

0853-2029-8403

Atau klik no HP diatas

Klik dibawah ini untuk mendapatkan penawaran harga dari kami.