ISO 45001: 2018

Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

ISO 45001: 2018 diterbitkan dan dirancang untuk organisasi dari semua ukuran, sektor, dan lokasi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kematian terkait pekerjaan dan jumlah cedera dan penyakit terkait pekerjaan yang tidak fatal setiap tahun yang diperkirakan oleh International Labour Organization (ILO).

ISO 45001: 2018 menggantikan OHSAS 18001, organisasi yang telah bersertifikat OHSAS 18001 diberikan waktu 3 tahun untuk bermigrasi ke standar ISO 45001: 2018. Standar baru ini memperkenalkan kerangka kerja yang dapat digunakan di seluruh rantai pasokan untuk menciptakan budaya kesehatan dan keselamatan yang akan terus meningkatkan kinerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

ISO 45001: 2018 didasarkan pada Annex SL Structure yang sama dengan ISO 9001: 2015 (Sistem Manajemen Mutu) dan ISO 14001: 2015 (Sistem Manajemen Lingkungan), yang akan mempermudah organisasi untuk menggunakan standar ini untuk menerapkan dan mengintegrasikan ISO 45001: 2018 menjadi sistem manajemen bisnis yang lebih luas.

Beberapa perubahan utama antara OHSAS 18001 dan ISO 45001 adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan Annex SL Structure ISO yang baru

Struktur Annex SL sebagai kunci standar sistem manajemen yang memudahkan organisasi untuk memasukkan K3 ke dalam sistem manajemen yang sudah ada sebelumnya dan proses manajemen secara keseluruhan.

  • Keterlibatan

Kebutuhan untuk semua staf di organisasi untuk terlibat dalam sistem manajemen K3.

  • Dokumentasi

Dokumentasi tambahan akan diperlukan di bawah ISO 45001, memformalkan tujuan dan prioritas lebih dari yang diperlukan dengan OHSAS 18001.

  • Konteks organisasi

Pertimbangan dalam memahami dan menangani organisasi dan konteksnya termasuk teknis, hukum, lingkungan, komersial, budaya, sosial, politik, organisasi, sumber daya, pengetahuan dan proses informasi. Ada penekanan pada penentuan relevan paritas eksternal dan internal, kegiatan, produk, layanan dan isu-isu ke dalam Tujuan Organisasi dan kerja manajemen keselamatan dan kesehatan sistem, penentuan pihak yang relevan tertarik dan persyaratan dan batas-batas dan penerapan pada sistem manajemen.

  • Kepemimpinan aktif

Peningkatan penekanan pada kepemimpinan puncak memainkan peran yang lebih besar dalam pendekatan dan menjadi peserta aktif, dengan keyakinan bahwa itu dimulai di atas dan mereka kemudian memastikan bahwa itu menyusup melalui seluruh organisasi. Tautan ini ke bagian evaluasi Kinerja, yang belum dimasukkan dalam sistem pemantauan dan pengukuran, tetapi telah diperluas ke tinjauan manajemen puncak tertentu pada interval yang direncanakan untuk memastikan kesesuaian, kecukupan, dan keefektifannya yang berkelanjutan. Topik untuk diuji adalah untuk memasukkan, status tindakan dari ulasan sebelumnya, audit, dan tindakan korektif, perubahan dalam masalah, keputusan pada peningkatan peluang baru, tren, dan menentukan sejauh mana “Rencana” dan “Tujuan” terpenuhi dan kecukupan sumber daya untuk melakukannya.

  • Komunikasi

ISO 45001 menempatkan penekanan yang lebih besar pada komunikasi. Komunikasi tujuan harus didefinisikan dan diukur untuk keefektifannya. Manajer juga harus berkomunikasi dengan pekerja di bidang-bidang seperti kebijakan, resiko, dan bahaya.

  • Perencanaan

Rencana diyakini penting untuk mengelola resiko dan peluang, yang perlu konsisten dengan organisasi dan kebijakan, akun untuk hukum yang berlaku, dikomunikasikan, dapat diukur dan dipantau, dan secara teratur ditinjau dan diperbarui. Rencana perlu menguraikan apa yang akan dilakukan, oleh siapa, dengan apa (sumber daya), dan kapan.

  • Dukungan

Dukungan diperlukan untuk tujuan rencana dipenuhi seperti sumber daya dan memastikan orang yang kompeten ditugaskan dan bahwa informasi dan komunikasi internal dan eksternal ditentukan dan disampaikan. Ada penekanan besar bahwa hambatan harus diidentifikasi dan dihilangkan untuk implementasi dan bahwa sistem dilengkapi dan diberdayakan untuk menghasilkan kinerja.

  • Operasi

Perencanaan operasi, implementasi dan proses kontrol berbasis resiko, pengurangan resiko berfokus pada hierarki kontrol dan sistem memiliki landasan tanggung jawab dan akuntabilitas. Manajemen perubahan, outsourcing, pengadaan dan kontraktor telah terdaftar sebagai inklusi spesifik.

  • Indikator kinerja

Penekanan pada penggunaan indikator kinerja untuk melacak peningkatan dan memastikan peningkatan berkelanjutan adalah inti dari organisasi. Ada lebih banyak penekanan pada aspek lain dari kesehatan dan keselamatan dalam 45001, seperti kesehatan dan kesejahteraan pekerja.

  • Peningkatan

Tindakan untuk memastikan bahwa rencana dan objek diperlukan untuk didiskusikan dan ditinjau secara teratur, dan bahwa organisasi perlu bereaksi secara tepat waktu dengan pencegahan potensi insiden, ketidaksesuaian, dan promosi perbaikan.

Bagaimana Sysindo Konsultan dapat membantu?

Kami telah mengembangkan rangkaian lengkap pelatihan ISO 45001 untuk mendukung organisasi bermigrasi dari OHSAS 18001 ke ISO 45001 atau pelatihan bagi mereka yang ingin menerapkan sistem manajemen K3.

Biaya Sertifikasi ISO 45001: 2018

Dalam menentukan besaran biaya konsultasi & biaya sertifikasi ISO 45001: 2018, konsultan ISO 45001 perlu menilik beberapa acuan seperti:

  • Ukuran organisasi/perusahaan (jumlah site/cabang)
  • Banyaknya/jumlah karyawan.
  • Lokasi perusahaan.
  • Ruang lingkup perusahaan.
  • Target waktu.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai proses & biaya sertifkasi ISO 45001: 2018 silahkan hubungi kami.

Sysindo Konsultan

Hubungi Kami

021 2988 8461

Klik no telepon kantor kami

0853 2029 8403

Atau klik no HP diatas

Chat kami melalui Whatsapp
atau
Klik dibawah ini untuk mendapatkan penawaran harga dari kami

PT. Sinergy Sukses Solusindo
  • DBS Bank Tower 28th Floor, Ciputra World One Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5 Jakarta Selatan
  • 021 2988 8461
  • 0853 2029 8403
  • info[at]sysindokonsultan.com