Mengapa perusahaan harus menerapkan ISO 27001?

Mengapa perusahaan harus menerapkan ISO 27001?

Sebagaimana kita ketahui bahwasannya keamanan data sangatlah penting. Membuat perlindungan data sebagai prioritas bukan hanya sekadar membuat pengaturan firewall dan menjalankan program anti-virus saja. Ada banyak pelanggaran informasi data yang terjadi di dunia maya dan dunia bisnis, maka perusahaan harus siap untuk mencegah pencurian maupun penyalahgunaan informasi data. ISO 27001 akan membantu perusahaan untuk menjadikan keamanan cyber sebagai prioritas. inilah empat alasan utama mengapa perusahaan harus mengimplementasikan ISO 27001.

ISO 27001 memastikan perlindungan informasi data

Menerapkan ISO 27001 akan mendidik karyawan dan memberikan dokumentasi menyeluruh seputar keamanan data. ISO 27001 menjaga informasi rahasia tetap aman tidak hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk klien, penerapan sistem dan proses ke dalam inti operasi yang akan melindungi perusahaan dari ancaman digital karena informasi data yang dibagikan diperkuat dan dienkripsi. Proses yang akan dipelajari dari ISO 27001  akan membantu perusahaan mengelola resiko dan melindungi aset dari ancaman, serta panduan untuk menerapkan sistem yang akan mengidentifikasi dan menandai potensi resiko.

ISO 27001 sebagai kepatuhan hukum

Perusahaan memang perlu mengeluarkan biaya  untuk menerapkan ISO 27001. Akan tetapi dibandingkan dengan pelanggaran data yang dapat merugikan bisnis hingga triliunan rupiah, jauh lebih banyak daripada biaya untuk mengimplementasikan ISO. Prosedur yang diterapkan sebagai bagian dari sertifikasi ISO akan mencakup setiap sudut bisnis yang akan mengembangkan kesadaran akan keamanan informasi di seluruh perusahaan. Insiden akan diminimalkan dan jika terjadi resiko, biaya pembenahan kerusakan akan berkurang karena standar ISO 27001 mematuhi hukum internasional, sehingga mengurangi dampak hukuman finansial.

ISO 27001 meningkatkan kredibilitas

Semua standar ISO diakui secara internasional, sehingga pesan yang dikomunikasikan kepada pelanggan dan klien menunjukkan praktik keamanan cyber yang terbaik karena menerapkan ISO 27001. Hal ini akan meningkatkan reputasi perusahaan dan memberi keunggulan atas pesaing yang tidak menerapkan ISO. Perusahaan kemudian dapat memperluas pasar ke industri global atau pelanggan yang membutuhkan kualifikasi semacam ini pada orang-orang yang berbisnis dengan mereka. Standar ISO terus dikembangkan dan diperbarui sesuai dengan tren industri sehingga dapat membangun budaya peningkatan berkelanjutan serta selalu menuai hasil dari sistem data yang aman.

ISO 27001 meningkatkan pelayanan

Setelah kredibilitas meningkat, perusahaan juga akan memiliki kepuasan pelanggan yang jauh lebih tinggi ketika mengamankan data klien. Menerapkan ISO 27001 akan membuat para ahli berbagi pengetahuan kepada perusahaan yang mungkin belum diketahui sebelumnya, sehingga pelayanan perusahaan akan menunjukkan konsistensi dalam pengirimannya. Meningkatkan kualitas produk atau layanan akan mengarah pada tingginya tingkat retensi pelanggan.