Manfaat ISO 9001 Bagi Karyawan

Manfaat ISO 9001 Bagi Karyawan

Menerapkan ISO 9001 dapat membantu perusahaan untuk terus meningkatkan bisnis melalui perbaikan dan perampingan proses yang akan mengurangi biaya. Sertifikasi ISO 9001 akan memberikan keuntungan yang signifikan tidak hanya bagi perusahaan, standar ini juga memiliki banyak manfaat bagi karyawan.

ISO 9001 menjadikan karyawan lebih produktif

Peningkatan pada proses yang dilakukan perusahaan akan membuat pekerjaan karyawan menjadi lebih mudah. Selama proses penerapan ISO 9001, ketidakefisienan diperbaiki sehingga membuat karyawan tidak terlalu frustrasi dan lebih produktif.

ISO 9001 mengurangi beban karyawan

Hasil dari efisiensi adalah tempat kerja yang lebih nyaman dan tidak membuat stres. Frustrasi mungkin dapat menumpuk dari waktu ke waktu yang hingga puncaknya dapat menyebabkan situasi di mana karyawan akan merasa stress berat. Ketika proses berjalan dengan lancar, karyawan dapat merasa lebih termotivasi dengan arah yang lebih jelas.

ISO 9001 meningkatkan sistem manajemen

Salah satu dari tujuh prinsip ISO 9001 adalah kepemimpinan. Semua bisnis yang menerapkan standar harus terus menciptakan kondisi di mana staf terlibat dalam mencapai tujuan kualitas organisasi. Manajemen yang baik adalah kunci untuk lingkungan yang positif dan profesional.

ISO 9001 Mendorong karyawan dari semua tingkatan

Prinsip lain dari standar ISO 9001 adalah keterlibatan orang. Prinsip ini mendorong manajemen untuk memasukkan karyawan junior di bidang bisnis yang secara tradisional akan dilakukan oleh karyawan senior dan manajemen. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan dari semua posisi dihormati sebagai individu.

Karyawan dapat mengidentifikasi bidang peningkatan

Di banyak perusahaan, karyawan melihat cara agar berbagai hal dapat dilakukan dengan lebih baik atau lebih efisien tetapi tidak cukup percaya diri untuk berbicara. ISO 9001 mendorong karyawan untuk mengidentifikasi area di mana mereka melihat ruang untuk perbaikan.  ISO 9001 secara alami memberi karyawan suara lebih besar tentang bagaimana bisnis beroperasi dengan rute yang diidentifikasi dengan jelas untuk melaporkan masalah.

Staf merasa lebih dihargai

Staf yang menerima pelatihan merasa mereka lebih terintegrasi ke dalam organisasi. Ketika sebuah perusahaan menginvestasikan waktu dan uang untuk karyawan maka mereka akan merasa dihargai, yang pada akhirnya akan membuat karyawan lebih loyal kepada perusahaan.  Hal ini akan menyebabkan retensi karyawan lebih tinggi.

Peningkatan kepuasan karyawan memiliki banyak dampak. Karyawan yang bahagia bekerja lebih keras dan lebih loyal, yang berarti perusahaan akan memiliki tenaga kerja yang jauh lebih produktif. Tenaga kerja yang bahagia dan produktif juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan yang pada akhirnya akan memberi umpan balik untuk menciptakan lebih banyak pelanggan dan bisnis.